Saturday, October 23, 2010

Cara Mudah Upgrade WordPress Manual Dalam 4 Langkah

Upgrade wordpress secara manual sebenarnya bukan merupakan pilihan, tapi karena terpaksa. Beberapa blog saya tidak bisa menggunakan fasilitas Upgrade Automatically yang selalu muncul apabila ada update WordPress terbaru. Terus terang pada awalnya saya merasa sangat takut untuk mengupgrade wordpress secara manual, karena di petunjuk dengan bahasa inggris agak susah saya faham meskipun cukup sederhana penerangan di situ.

Namun apa boleh buat, wordpress versi terbaru sangat bagus, maka saya terpaksa memberanikan diri untuk melakukan upgrade wordpress ini secara manual, dan hasilnya sungguh menggembirakan yaitu langsung berhasil di percobaan pertama! Wah senangnya, setelah itu saya jadi berani melakukan upgrade untuk beberapa blog di domain dan subdomain saya.

Langkah mudahnya adalah sebagai berikut:

1. Login ke cPanel Anda, klik ikon [File Manager], kemudian cari dan pilih direktori public_html dimana konten situs Anda berada, kemudian buat sebuah direktori baru dengan nama bebas, misalnya backupwebku, lalu pindahkan (Move) seluruh isi direktori public_html ke dalam direktori backupwebku tadi.
2. Unduh (Download) source WordPress terbaru di URL http://wordpress.org/latest.zip dan simpan di dalam public_html, setelah selesai klik kanan file latest.zip tadi dan pilih opsi [Extract], hasil ekstrak akan berupa direktori baru bernama wordpress.
3. Salin atau copy semua file dan direktori (kecuali direktori wp-content dan file wp-config.php) dari folder wordpress tadi ke folder public_html, berikutnya salin direktori wp-content, file wp-config.php dan file .htaccess dari dalam direktori backupwebku ke public_html (ini adalah langkah terpenting sehingga saya beri warna merah).
4. Langkah terakhir, akses panel admin WordPress melalui browser, dengan format penulisan http://domainanda.apa/wp-admin/ maka WordPress akan melakukan penyesuaian konfigurasi secara otomatis (biasanya akan dilakukan upgrade database). Sampai disini selesai sudah, kemudian akan muncul halaman login wordpress, dan anda bisa login lagi seperti biasa.

Dan viola! WordPress anda sudah terupgrade ke versi terbaru!

Di salah satu blog, saya menemukan satu kendala yaitu pada langkah ke 4, pada saat login ke http://domainanda.apa/wp-admin/ yang muncul hanya halaman kosong saja. Saya coba berkali-kali mengulang langkah 1-4 tapi hasilnya tetap sama, tapi untunglah saya masih ada file backup jadi blog bisa saya kembalikan ke kondisi semula sebelum upgrade. Disinilah pentingnya membackup file lama kita, jadi kalau tidak jalan proses upgradenya maka masih bisa mengembalikan file-file lama, nanti kalau sudah sukses updgrade baru boleh dihapus file di direktori backupwebku.

Cukup lama saya tenggelam dalam kebingungan, sampai akhirnya saya iseng membuka filemanager dan masuk ke direktory wp-content, setelah saya amati ternyata saya memiliki banyak theme dan plugin. Kemudian saya berinisiatif untuk menghapus semua theme dan hanya menyisakan dua theme saja yaitu thema yang digunakan saat ini dan satu lagi theme default bawaan WordPress. Untuk plugin saya sisakan sekitar 4 buah yaitu Akismet, Google sitemap, dan yang dua lagi lupa namanya.

Kemudian saya coba lagi langkah 1-4 dan alhamdulillah kali ini berhasil dengan baik. Jadi kalau anda mengalami hal yang sama, coba hapus plugin dan theme di direktori wp-content, kalau perlu hapus semua atau sisakan satu saja, karena nanti bisa diinstall lagi kalau proses upgrade wordpress sudah selesai.

OK, sampai disini dulu, selamat mengupgrade WordPress ke versi terbaru.
...
cara update wordpress manual, cara upgrade wordpress manual, upgrade wordpress manual, cara update manual wordpress, cara mengupdate manual wordpress, upgrade domain wordpress, cara update wordpress, upgrade wp manual, cara upgrade manual wordpress, manual upgrade wordpress wp-config, update manual wordpress, cara update wordpress secara manual, manual update wp, cara manual update word press, upgrade wordpress dari blog ke domain