Tuesday, May 18, 2010

Tips Meningkatkan Kecepatan Processor

Tips Meningkatkan Kecepatan Processor
Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kecepatan prosesor:

  • Cache Memory, Cache Memory adalah memori yang sangat cepat aksesnya, dirancang khusus untuk meningkatkan kecepatan transfer dan proses data।Cache Memory berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara data dan informasi yang sering digunakan oleh CPU, sehingga CPU dapat mengakses langsung ke Cache Memory. Tanpa harus mengakses terlebih dahulu ke memori utama. Teknik ini akan lebih menghemat waktu jika dibandingkan harus mengakses langsung ke main memory (memori utama). Cache Memory biasanya terdapat pada prosesor, motherboard (mainboard). Kecepatan Cache Memory bergantung pada besarnya ukuran Cache Memory pada CPU.
  • Co-Processor, Co-Processor adalah chip tambahan yang dapat mempercepat kerja prosesor।
  • Accelerator Board, Accelerator Board adalah papan sirkuit (Circuit Board)
    tambahan yang dapat mempercepat kerja।
  • Increased Chip Denity (Kepadatan) and Integration ,Meningkatkan/menambahkan kepadatan (jumlah) Chip yang terintegrasi (Terhubung satu sama lain) untuk mempercepat kerja prosesor।
  • RISC (Reduced Instruction Set Computing), Salah satu tipe proses data di mana data – data yang akan dieksekusi (dijalankan) disimpan di register। Pada proses ini, lebih banyak menggunakan register dari pada memori.
  • Parallel Processing ,Parallel Processing yang juga dikenal dengan sebutan parallel computing adalah proses berjalannya suatu program dengan menggunakan beberapa CPU. Setiap program dibagi atas beberapa bagian , dan setiap bagian berjalan pada satu CPU. Namun demikian, jenis proses seperti ini biasanya membutuhkan perangkat lunak yang disebut dengan distributed processing software....