Sunday, May 02, 2010

Messi Memimpin Barca Bangkit >>Bola News

Messi

Barcelona masih terus mempertahankan posisinya di puncak klasemen sekaligus menjaga jarak dari Real Madrid. Hasil ini didapat setelah El Barca menang telak 4-1 atas Villarreal di Stadion Madrigal, Sabtu malam (01/05).


,

Barca yang baru saja tersingkir dari Liga Champions tampil seperti biasanya: bermain cepat dengan penguasaan bola mengungguli sang lawan. Imbasnya, empat gol pun berhasil mereka lesakkan.


Keempat gol Barca disumbangkan oleh Lionel Messi (menit 19 dan 88), Xavi Hernandez (34) dan Bojan Krkic (42). Sementara satu-satunya gol Villarreal dicetak oleh Joseba Llorente pada menit 67.




Berkat kemenangan ini, Barca masih bertengger di puncak klasemen sementara dengan koleksi nilai 90, unggul empat angka atas Madrid, yang baru akan berlaga sehari kemudian.


Jalan Pertandingan




Empat menit pertandingan berjalan, Giuseppe Rossi lebih dulu mengancam pertahanan Barcelona. Ia mengejar bola yang berada di area penalti tim tamu. Namun, Rossi kalah cepat dari Victor Valdes yang maju meninggalkan gawangnya dan berhasil menyapu bola lebih dulu.




Tetapi, sapuan Valdes tak sempurna sehingga bola malah jatuh di kaki Nilmar. Nama terakhir lalu me-lob bola ke arah gawang yang sudah kosong. Sial baginya, bola melambung di atas mistar. Gawang Barca selamat.




Dua menit berselang giliran Messi yang mengancam pertahanan Villarreal. Umpan lambung dari Daniel Alves dilanjutkan oleh pemain asal Argentina ini dengan sebuah sepakan. Bola mengarah tepat ke gawang, namun kiper Diego Lopez masih bisa mengantisipasinya.




Messi baru benar-benar membobol jala tuan rumah pada menit 19. Pemain terbaik dunia tahun lalu ini berhasil memanfaatkan umpan terobosan Xavi dan menuntaskannya melalui satu sepakan ke arah tiang dekat. Barca unggul 1-0.




Sebelum babak pertama usai, Barca sukses menambah dua gol lagi. Yang pertama datang dari Xavi di menit 34. Tendangan bebas gelandang internasional Spanyol ini melengkung melewati pagar betis sebelum akhirnya menghujam gawang Lopez.




Satu gol lagi datang tiga menit menjelang turun minum melalui Bojan. Penyerang muda berusia 19 tahun ini sukses mengelabui Gonzalo sebelum akhirnya melepaskan sepakan terarah ke gawang Villarreal. Barca unggul 3-0 sebelum turun minum.




Di babak kedua, Villarreal kembali mendapatkan peluang emas melalui Rossi di menit 65. Namun, dalam keadaan satu lawan satu dengan Valdes, Rossi gagal menuntaskan peluang ini. Akibat terlalu lama mengambil keputusan, bola pun berhasil direbut Carles Puyol melalui tekel.




Toh demikian, tuan rumah akhirnya mampu membobol jala Barca satu menit berselang setelah peluang Rossi tersebut. Gol tersebut terjadi setelah berlangsung perebutan bola antara pemain Barca dan Villarreal. Bola yang berhasil direbut dari kaki Pedro Rodriguez kemudian diberikan kepada Nilmar, dan Nilmar pun langsung mengirimkan umpan terobosan kepada Llorente.




Lepas dari jebakan offside, Llorente dengan tenang berhasil menaklukkan Valdes. Kedudukan pun berubah lagi menjadi 1-3.




Hanya saja, Villarreal tak mampu lagi mencetak gol setelahnya. Sebaliknya, Barca justru bisa menambah satu gol lagi dua menit menjelang pertandingan berakhir.




Gol tersebut terjadi setelah umpan terobosan Xavi kepada Alves diteruskan oleh nama terakhir dengan sebuah umpan lambung ke kotak penalti. Messi yang berada di sana kembali berhasil memperdaya Lopez. Laga ditutup untuk kemenangan 4-1 bagi Barca.




Susunan Pemain




Villarreal: Diego Lopez, Diego Godin, Gonzalo, Joan Capdevilla, Angel Lopez, Bruno, Ariel Ibagaza (Marcos Senna 45), Cani (Joseba Llorente 45), Santi Cazorla, Giuseppe Rossi (David Fuster 83), Nilmar.




Barcelona: Victor Valdes, Carles Puyol, Gerard Pique, Maxwell, Dani Alves, Sergio Busquets (Yaya Toure 81), Seydou Keita, Xavi Hernandez, Pedro Rodriguez, Bojan Krkic (Zlatan Ibrahimovic 85), Lionel Messi (Jeffren Suarez 90).




Hasil lain:



Deportivo 0-1 Zaragoza



Malaga 1-1 Sporting Gijon
Tenerife 2-1 Racing Santander
Valladolid 0-0 Getafe



Xerez 2-1 Almeria



Espanyol 0-2 Valencia