Sunday, May 23, 2010

Kemampuan Processor dan Kecepatan Processor

Kecepatan merupakan salah satu alasan mengapa orang banyak menggunakan Teknologi Informasi (TI). Komputer dapat melakukan jutaan hitungan per detik secara konsisten (tetap), akurat (tetap) dan reliabilitas (dapat dipercaya).

Terdapat 3 elemen (komponen) yang dapat mempengaruhi kecepatan komputer

, yaitu:
1. System Clock Karena komputer bekerja pada kecepatan yang tinggi, maka sinkronisasi dari tugas – tugas/kegiatan yang dikerjakan adalah dasar untuk meyakinkan bahwa tugas/kegiatan dilaksanakan dengan teratur. Semua komputer memiliki System Clock,yaitu sebuah sirkuit (komponen elektronik kecil) yang menghasilkan pulsa elektronik dengan kecepatan yang tetap (fixed rate) untuk mensinkronisasi kegiatan proses. System Clock diukur dengan satuan MegaHertz (Mhz), yaitu jutaan pulsa elektronik yang dihasilkan per detik. 1 Mhz berarti 1 juta pulsa elektronik yang dihasilkan per detik.
Kecepatan komputer dalam Mhz bervariasi untuk setiap komputer. Seperti 66 Mhz, 133 Mhz, dsb. Semakin besar Mhz dalam System Clock maka semakin tinggi kecepatannya.
2. Bus Width ,Pada saat melakukan proses, secara internal terjadi perpindahan data di dalam komputer. Data dipindahkan dari peralatan input (input device) ke memori, dari memori ke prosesor, dari prosesor ke memori, dari memori ke store device, dari memori ke output device. Lintasan atau jalur di mana data dipindahkan disebut BUS. Seperti pada System Clock, BUS juga merupakan suatu sirkuit elektronik.

Terdapat 2 jenis bus, yaitu

: o I/O Bus Yaitu Bus yang berfungsi mengatur dan menghubungkan perpindahan antara Input Output Device (I/O device) dengan prosesor. o Data Bus Yaitu Bus yang mengatur dan menghubungkan perpindahan data antar prosesor dengan memori. Gambar Proses Perpindahan Data Melalui Bus Lebar Bus akan menentukan besarnya data yang dapat dipindahkan atau dikirim tiap waktu. Misalnya BUS 8 bit, dapat menstranmisikan (mengirimkan) 8 bit data tiap waktu.
Lebar BUS yang makin besar maka kecepatan perpindahan datanya makin besar
3. Word Size (Ukuran word), Word adakah ukuran/satuan yang menunjukkan jumlah bit yang dapat diproses komputer tiap waktu, ukuran word dapat dinyatakan dalam bits(Binary digit). Misalnya word 1-Byte terdiri dari 8 bit, word 2-Byte terdiri dari 16 bit, word 3-Byte terdiri dari 32 bt, dsb. Semakin besar ukuran word (word size), maka semakin cepat komputer dapat memproses data dan melakukan operasi aritmatika dan logika.