Monday, April 05, 2010

Sejarah dan Pengertian Algoritma-Pemrograman

9out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

bagikan:

definisi algoritma
Sejarah dan Pengertian Algoritma-Pemrograman

apa sih Algoritma itu??


Ahli Sejarah Matematika menemukan asal kata algoritma tersebut yang berasal dari nama penulis buku arab yang terkenal yaitu Abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi. Al-Khuwarizmi dibaca orang barat menjadi Algorism. Al-Khuwarizmi menulis buku yang berjudul Kitab Al Jabar Wal-Muqabala yang artinya "Buku pemugaran dan pengurangan" (The book of restoration and reduction).
Dari judul buku itulah diperoleh akar kata "Aljabar" (Algebra).
Perubahan kata dari algorism menjadi algorithm muncul karena kata algorism sering dikelirukan dengan arithmetic, sehingga akhiran usm berubah menjadi uthm.Karena perhitungan dengan angka Arab sudah menjadi hal yang biasa, maka lambat laun kata algorithm berangsur-angsur dipakai sebagai metode perhitungan (komputasi) secara umum, sehingga kehilangan makna kata aslinya.
Dalam bahasa Indonesia,kata algorithm diserap menjadi algoritma.


Nah,udah pada tau semua kan Apa itu Algorithma?? kalo udah tau,dibawah ini ada definisi tentang Algoritma lagi yang lebih singkat dan jelas..

Apa sih Definisi dari Algoritma itu??


Definisi Algoritma


Algoritma dapat didefinisikan sebagai berikut :
"Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis".

Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma.
Langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar.
Dalam beberapa konteks, algoritma adalah spesifikasi urutan langkah untuk melakukan pekerjaan tertentu.

Apa sih yang harus dipertimbangkan dalam Membuat Algoritma?


Pertimbangan dalam pemilihan algoritma adalah:


Dalam memilih dan membuat algoritma,kita harus melakukan pertimbangan dan pemilihan, antara lain:
1.Algoritma haruslah benar.
Artinya algoritma akan memberikan keluaran yang dikehendaki dari sejumlah masukan yang diberikan. Tidak peduli sebagus apapun algoritma, kalau memberikan keluaran yang salah, pastilah algoritma tersebut bukanlah algoritma yang baik.
2. kita harus mengetahui seberapa baik hasil yang dicapai oleh algoritma tersebut.
Hal ini penting terutama pada algoritma untuk menyelesaikan masalah yang memerlukan aproksimasi hasil (hasil yang hanya berupa pendekatan). Algoritma yang baik harus mampu memberikan hasil yang sedekat mungkin dengan nilai yang sebenarnya.
3. Efisiensi algoritma.
Efisiensi algoritma dapat ditinjau dari 2 hal yaitu efisiensi waktu dan memori. Meskipun algoritma memberikan keluaran yang benar (paling mendekati), tetapi jika kita harus menunggu berjam-jam untuk mendapatkan keluarannya, algoritma tersebut biasanya tidak akan dipakai, setiap orang menginginkan keluaran yang cepat. Begitu juga dengan memori, semakin besar memori yang terpakai maka semakin buruklah algoritma tersebut.


Baca Berita Menarik Lainnya dibawah ini:
Kuliah, Lifestyle, Pemrograman
Cari Artikel Lainnya disini...

My Profile PhotoAbout the Author

I'm Handi Priyono. I'm a freelance writer on topics related to software, games, lifestyle, indonesian news , blogger customizations and magician. I'm blogging since 2009
Follow Me On Twitter or On Facebook

1 comments:

Handi priyono on Monday, April 5, 2010 at 10:03:00 PM GMT+7 said...

Nice info... Thanks

Facebook Blogger Plugin

Post a Comment

 

statistik

  • counters
  • Download IDM 6.07 terbaru
  • Kumpulan kata kata Galau 2013