Saturday, April 17, 2010

Bahasa C++ Pemrograman,kompiler,Penjelasan dan Pengertiannya

bahasapemrograman
Bahasa Cmerupakan bahasa yang mempunyai pengaruh penting dalam industri komputer.Selain digunakan untuk mengembangkan aplikasi - aplikasi end user seperti text editor,sistem operasi,aplikasi kantor,banyak bahasa pemrograman yang diimplementasikan dengan menggunakan bahasa C.hal ini didukunng oleh syntaxnya yang ekspresif dan portabilitasnya yang tinggi.Portabilitas bahasa C dihasilkan dari standart yang diciptakan, didukung dan dituruti oleh para pelaku industri komputer.
Standart baku bahasa C adalah ANSI C--aplikasi yang tertulis dengan mengikuti standart baku ANSI C ini akan memiliki tingkat portabilitas yang tinggi,karena hampir seluruh kompiler C Beredar sekarang ini mengikuti aturan baku dari ANSI C.
program bahasa C ditulis kedalam file source code yang disimpan kedalam
ekstensi ".c",misalnya pemrogramanC++.c, selain source code,terdapat juga file khusus yang berisikan deklarasi variable,konstanta , struktur data,dan fungsi.File yang berisikan kumpulan deklarasi ini disebut dengan header file,yang disimpan dengan ekstensi .h,misalnya stdio.h.
Bahasa C++ adalah pengembangan lebih lanjut dari bahasa C.Bahasa C++ menggunakan seluruh keyword yang ada pada bahasa C dengan penambahan keyword baru untuk mendukung pengembangan program dengan paradigma objek (Object Oriented Programming/OOP).Source code C++ disimpan dalam ekstensi .cc atau .cpp.
Bahasa C++ merupakan compiled language,yaitu sebelum program yang ditulis dengan bahasa ini dapat dijalankan,harus melelui suatu proses untuk menerjemahkan bahasa C/C++ menjadi bahasayang dimengerti oleh mesin yang mengeksekusi program ini(bahasa assembly.

istilah dalam bahasa Pemrograman

1.Code - Menulis source code dalam bahasa pemrograman tertentu.
2.Compile - Menerjemahkan source code dari bahasa pemrograman menjadi bahasa yang dapat dibaca oleh mesin (object Code/Intermediate Object Code) (.o/.obj).
3.Link - Menggabungkan potongan-potongan dari Object Code sehingga membentuk suatu program yang utuh dan dapat dieksekusi oleh komputer(.exe/.com).
coding dilakukan menggunakan text editor yang dapat membaca dan menulis file ASCII,Untuk mengkompile digunakan kompiler dan linker yang digunakan pada proses linking...